Antara Quipper, ZENIUS, dan Ruang Guru untuk Tes UTBK/SBMPTN? || #REVIEW

 Akhir-akhir ini, lagi nge-trend yang namanya bimbel tapi daring. Ini jenis bimbel yang dapat kalian diakses kapanpun dan dimanapun asalkan ada fasilitas internet. Dinilai praktis dari pada bimbel biasa, yang mengharuskan siswa datang tatap muka dengan tutor dan waktu yang terbatas, bimbel online kini memiliki banyak peminat. Banyak diantara siswa pun bingung memilih bimbel online yang cocok bagi mereka. Nah karena itu, Aku akan membagikan pengalamanku ketika menggunakan Zenius, Quipper, dan Ruang Guru.


disclaimer : Disini aku bakal ngasih Honest Review, semua hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman penggunaan. Kalau ada yang tidak setuju tidak apa-apa hehe namanya juga tiap orang punya opini nya masing-masing


1. Zenius

sumber : zenius


    Zenius jadi tempat favorite saya untuk belajar. Sejujurnya sih awal-awal gak suka dengan video zenius yang hanya tulisan saja karena sebagai siswa yang sudah terbiasa dengan kondisi pembelajaran dimana “nampak” keberadaan si guru mengajar, jadinya belajar disini serasa kurang afdol. Bagi kalian yang gampang bosan saat belajar tenang saja video di zenius berdurasi singkat hanya 3 sampai 7 menit. Ini menjadi nilai plus dari zenius

    Memang sih, Zenius itu Dari segi tampilan memang tak sebagus seperti Quipper atau Ruang Guru, [ini tahun 2019 ya, sekarang udah bagu minimalis hehe] tapi cara penyampaian materi mereka sangat bagus. Bahkan bisa dibilang yang terbaik bila dibandingkan ruang guru ataupun Quipper. Zenius lebih mengajarkan konsep materi jadi gak hanya definisi dan rumus saja. Oleh sebab itu, jika kalian adalah pejuang sbmptn seperti saya, sangat-sangat recommended untuk berlangganan zenius. Tutor zenius dalam penyampaian materi, mereka menggunakan Bahasa sehari-hari jadi serasa lebih akrab walaupun gak langsung tatap muka.

    Oh iya, Setiap bab materi disediakan latihan soal yang bisa kalian kerjakan dan juga ada pembahasan tiap nomor. Bila dibandingkan dengan yang lain, latihan soal yang disediakan lebih bervariasi dan juga lebih banyak. Jadi kalian akan terbiasa dalam mengerjakan berbagai tipe soal dan juga bisa memahami materi lebih baik.

  Biaya berlangganan zenius tergolong terjangkau bergantung pada lamanya waktu berlangganan kalian. Ada beberapa pilihan yakni berlangganan 1 tahun, 6 bulan atau 1 bulan saja. Sekali bayar kalian langsung bebas mengakses semua konten seperti utul, usm stan, materi SMA, smp dan juga sbmptn.

    Buat kalian yang masih bersekolah, beruntung banget aplikasi zenius udah tersedia hiks (Maklum dulu adanya Web kalo pengen offline ya beli Xpedia

2. Quipper

sumber: glints


    Quipper menjadi aplikasi kursus daring pertama yang saya gunakan. Quipper tersedia dalam bentuk web dan app. Untuk app ini sangat membantu Karena kalian bisa mendownload offline video pembelajaran, sehingga sewaktu kalian gak ada akses internet, kalian tetap bisa mengakses video pembelajaran.

    Nah untuk quipper, tampilan app dan web nya menarik dan temanya bisa dirubah-rubah. Untuk merubah tema, kalian harus membelinya terlebih dahulu di shop dengan koin yang telah kalian peroleh dari mengerjakan soal yang ada di Quipper. Untuk tampilan video jujur lebih menarik dari zenius. Mereka menggunakan papan tulis dan kapur warna warni, lalu ada juga mind map lucu yang sangat berguna dalam memahami bab materi. Keberadaan tutor dalam video merupakan nilai plus bagi saya karena serasa benar-benar berada di kelas sungguhan.

   Di Quipper, Penyampaian materinya tergolong terstruktur dan detail. Tutor terkadang menyampaikan materi dengan candaan yang membuat kalian ketagihan nonton video pembelajaran (khusunya tutor fisika, bagi kalian yang sudah berlangganan pasti tahu kenapa:D). Walaupun durasi video tergolong lama (sekitar 10 – 25 menit/video) kalian bisa mengubah kecepatan video menjadi 1.25x sampai 2.00x, jadi kalian gak perlu khawatir bakal bosan.

    Tak hanya itu, Quipper nih paham dengan kondisi siswa-siswa yang malas membuat catatan seperti saya. Mereka menyediakan modul per bab video yang bisa kalian download. Untuk modul tergolong lengkap dan memudahkan saya kalo lagi pengen ngereview materi. Untuk Biaya Quipper tergolong lebih murah dibanding Ruang Guru maupun Zenius. Sekitar 480k untuk satu tahun ajaran jadi cocok untuk kantong. Ah iya sama seperti zenius, sekali bayar berlangganan, kalian akan bebas mengakses video di quipper misal video sma kelas 10, 11,12, sbmptn bebas kalian akses. Bagi saya Quipper bagus bagi kalian yang masih kelas 7,8,10,11 dan gak cocok bagi kalian yang mau menghadapi SBMPTN. Yah karna untuk fitur sbmptn mereka hanya menyediakan sedikit latihan soal dan juga video review dan pembahasan soal yang kurang mendalam.

Catatan:

sstttttt kalian bisa gunain satu akun quipper ini rame-rame dengan temen sekelas, aku dulu beli satu akun bayar pake patungan dan digunakan 12 temen sekelas. Penggunaannya Lancar gak? Lancar-lancar saja hehehe (Semoga pihak quipper gak tahu tentang ini wkwk).

3. Ruang Guru

Ruang guru… gencar promosi banget di tv…. hmmmm

Untuk pejuang UTBK/SBMPTN saya sarankan jangan memakai aplikasi ini. [maaf pihak ruang guru tapi saya harus jujurJ]  Secara tampilan emang paling bagus diantara yang lain, tapi untuk penyampaian materi? Banyak minusnya. Iya mereka menggunakan “animasi” (juga ada di beberapa video zenius) tapi sesungguhnya materi kurang mendalam. Kalo diibaratkan mereka hanya menyampaikan permukaannya saja. Latihan soal juga sangat kurang dan tergolong kurang bervariasi. Catatan hanya berupa satu gambar catatan rumus dan menurut saya kurang berguna – catatan rumuskan bisa dicari sendiri di google. Juga Video pembahasan soal sbm sangat…. Monoton dan sesungguhnya bikin emosi sendiri-,-.

JIka kalian berlangganan ruang guru, kalian tidak akan bebas mengakses semua konten seperti zenius atau quipper. Saya berlangganan paket sbm dan saya hanya bisa mengakses materi sbm. Untuk video kelas 10,11,12? Sama sekali gak bisa dibuka, padahal sebagai pejuang sbmptn review keseluruhan materi ini sangat dibutuhkan. Kalau kalian mau akses kelas 10,11,12 kalian harus bayar lagi perjenjangnya.

Dibalik kekurangannya ada juga kelebihannya, yakni durasi video singkat sehingga kalian gak akan bosan melihat video. Berlangganan ruang guru sangat cocok bagi kalian yang masih kelas sd dan smp, karena pembelajaran pakai ilustasi saya rasa ini sangat pas untuk memahami materi tingkat dasar. Saya tidak recommend ruang guru bagi kalian yang duduk di jenjang sma yah tapi itu terserah kalian hehe.

Kalau semisal pihak ruang guru liat review saya Semoga bisa jadi bahan masukkan dan kedepannya ruang guru memperbaiki metode pembelajaran mereka^^

Semoga review saya kali ini bisa bermanfaat. Keputusan ada ditangan kalian, coba cek review dari blog lain agar lebih matang dalam memutuskan bimbel online yang cocok. Have a nice day!

 

Note : Tulisan ini ditulis pada tahun 2019 awal(dan masih anak abg labil haha), jadi ada kemungkinan beberapa poin diatas sudah berubah di lapangan. Thanks udah baca^^

 

 

 

 

0 Comments